Wednesday 3 February 2016

Buang Air Besar Anjing Selalu Menatap Kita, Mengapa?



Anda yang memelihara Anjing tentu tidak asing dengan tatapan misterius anjing saat dia buang air besar. Barangkali Anda pernah tidak peduli dengan tatapan itu. Namun jika itu terjadi berkali-kali bukankah Anda harusnya bertanya, apa maksudnya?

Dilansir dari Hormones Behavior Journal, tatapan anjing saat buang air besar, bukan tanpa makna. Kontak mata seperti itu, nyaris sama dengan kontak emosional yang terjalin antara anak dan ibu.

Seorang pelatih dan pakar kejiwaan anjing, Madeline Friedman mengisahkan, nenek moyang anjing pada masa lalu menganggap kegiatan buang air sebagai bagian dari situasi paling rentan bagi mereka. Tentu saat mereka sedang menunaikan hajat buang air, ia sedang merasa tidak aman atas keselamatannya.

Oleh karena itu, tatapan mata yang ditujukan kepada kita seolah merupakan bentuk permintaan dukungan dan perlindungan. "Anjing menatap pemiliknya untuk memperoleh rasa tenang dan nyaman saat sedang buang air besar," ujar Friedman dilansir dari jurnal tersebut.

Friedman juga mengemukakan kemungkinan dari tatapan itu juga sebagai permintaan ijin atas apa yang telah mereka lakukan. "Biasanya terjadi saat membawa anjing jalan-jalan keluar, mereka tahu berada di luar teritori sehingga merasa akan merasa tenang bila diperbolehkan," tambahnya.

Di jurnal yang sama, dokter sepesialis hewan, dr. Sonja Olson mengamini pendapat tersebut. Walau tidak selamanya anjing menatap kita saat sedang buang air besar, namun sikap tersebut dipastikan sebagai pernyataan bahwa mereka juga butuh ruang pribadi.

Tentu bukan menjadi tindakan yang bijaksana saat kita mengabaikan tatapan itu, apalagi sampai mengusiknya. "Balas tatapannya ketika ia menatap dan jangan ganggu karena mereka benar-benar butuh tenang dan nyaman," ujarnya.

0 komentar

Post a Comment